Manyun Osd

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

1/06/2018

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Beserta Penjelasnya secara Lengkap

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Beserta Penjelasnya secara Lengkap - Bola basket merupakan olahraga permainan yang bisa dilakukan di lapangan tertutup atau lapangan terbuka. Permainan ini terdiri dari dua babak yang kerap disebut kuarter dengan durasi 20 menit per kuarter. Supaya tim memenangkan permainan, ada beberapa teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang harus dikuasai berikut ini.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Beserta Penjelasnya secara Lengkap Supaya tim memenangkan permainan, ada beberapa teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang harus dikuasai berikut ini. 1. Dribbling Dribbling merupakan teknik dasar bola basket yang dilakukan untuk menggiring bola menuju ke ring lawan atau menghindari serangan lawan yang akan mengambil alih bola. 2. Pivot Pivot adalah teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang berfungsi untuk mengecoh pemain tim lawan.  3. Rebound Rebound merupakan teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang bisa menghasilkan poin untuk tim.  4. Shooting Shooting adalah teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang dilakukan untuk mencetak poin.  5. Passing Passing adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain basket.
Shooting (Dalam perminan bola Basket)

1. Dribbling
Dribbling merupakan teknik dasar bola basket yang dilakukan untuk menggiring bola menuju ke ring lawan atau menghindari serangan lawan yang akan mengambil alih bola. Kunci utama dari teknik ini adalah koordinasi antara tangan dan kaki yang seimbang. Sehingga, bola tetap berada di tangan selagi kaki bergerak mendekati ring lawan. Teknik ini hanya dilakukan dengan satu tangan dengan posisi yang tidak mengepal atau terbuka lebar. Selain itu, pemain yang melakukan dribbling harus memantulkan bola setelah tiga langkah. Jika bola dipantulkan lebih dari tiga langkah, maka termasuk ke dalam foul atau pelanggaran yang dapat menguntungkan tim lawan.

Teknik dasar basket ini terdiri dari dua jenis, yaitu teknik dribbling bawah dan teknik dribbling atas. Teknik dribbling bawah dilakukan untuk menghalau serangan lawan yang ingin mengambil alih bola serta mempertahani bola supaya tetap berada di dalam tangan. Teknik ini dilakukan ketika sedang berhadapan langsung dengan pemain tim lawan. Selain itu, teknik dribbling bawah dapat dilakukan untuk menerobos celah yang ada di antara pemain tim lawan saat mereka sedang lengah. Sedangkan, teknik dribbling atas adalah teknik menggiring bola untuk menembus pertahanan tim lawan dengan cara berjalan atau berlari cepat. 

2. Pivot
Pivot adalah teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang berfungsi untuk mengecoh pemain tim lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara menumpukan berat badan ke salah satu kaki, kemudian menggerakkan anggota badan untuk melindungi bola agar tidak direbut oleh pemain tim lawan. Pemain yang melakukan pivot tidak diperbolehkan untuk menggeser kaki yang digunakan sebagai tumpuan saat memutar badan. Sehingga, kaki yang dijadikan tumpuan saat melakukan pivot haruslah kaki yang kuat. 

3. Rebound
Rebound merupakan teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang bisa menghasilkan poin untuk tim. Teknik ini dilakukan ketika rekan satu tim melempar bola ke arah ring, tetapi bola tersebut gagal masuk ke dalam ring. Pemain yang melakukan rebound harus mengambil bola yang tidak bisa masuk ke dalam ring, kemudian memasukkannya lagi ke dalam ring atau mengopernya ke rekan satu tim. Teknik ini kerap disebut sebagai teknik penyelamat karena teknik ini merupakan cara counter attack dan menambah poin untuk tim.

Teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya ini terbagi menjadi dua macam, yaitu rebound ofensif dan rebound defensif. Rebound ofensif adalah tindakan mengambil bola basket yang gagal dimasukkan ke dalam ring oleh rekan satu tim. Kemudian, bola tersebut dimasukkan lagi ke dalam ring. Jika bola tersebut masuk ke dalam ring, maka tim akan mendapatkan tambahan poin sebesar dua poin. Sedangkan, rebound defensif adalah tindakan merebut bola basket yang gagal dimasukkan ke dalam ring oleh tim lawan. Sehingga, tim lawan tidak lagi memiliki kesempatan untuk memasukkan bola ke dalam ring.

4. Shooting
Shooting adalah teknik dasar permainan bola basket beserta penjelasnya yang dilakukan untuk mencetak poin. Teknik ini dilakukan dengan cara menembak atau melempar bola secara langsung ke arah ring. Teknik ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti jump shoot, lay up, dan set shoot dengan satu atau dua tangan. 

5. Passing
Passing adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain basket. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar bola ke rekan satu tim. Teknik ini dapat dilakukan untuk menyelamatkan bola saat berada di dalam kepungan pemain tim lawan. Teknik ini bisa dilakukan dengan satu atau dua tangan. Ada empat jenis teknik passing yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bola, yaitu chest pass, baseball pass, overhead pass, dan bounce pass.

Chest pass dilakukan dengan cara melempar bola basket dengan kedua tangan ke rekan satu tim. Sesuai dengan namanya, teknik ini dilakukan saat bola berada di depan dada. 

Baseball pass adalah teknik melempar bola basket dengan satu tangan dan penuh kekuatan, layaknya melempar bola dalam permainan baseball. Tujuan dari teknik ini adalah untuk mengecoh tim lawan karena lemparan ini dilakukan dalam satu kali gerakan yang tidak terduga.

Overhead pass adalah teknik melempar bola basket dengan memosisikan bola di atas kepala. Teknik ini dilakukan untuk melakukan counter attack karena bola akan terlempar jauh ke dalam area pertahanan lawan.

Bounce pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke bawah. Kemudian, bola yang memantul akan diterima oleh rekan satu tim. Teknik ini dilakukan untuk menghindari serangan musuh yang akan merebut bola.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top