Manyun Osd

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

1/06/2018

Panduan Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap

Panduan Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap - Sepak bola adalah olahraga berkelompok yang membutuhkan kekuatan fisik, kecepatan anggota gerak, serta strategi. Selain itu, pemain sepak bola harus menguasai teknik dasar sepak bola lengkap supaya bisa memainkan permainan ini secara efektif dan bisa mencetak gol yang banyak. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah Menendang ( kicking ), Mengontrol atau Menghentikan ( stoping ), Menggiring ( dribbling ), Merampas ( tacling ), Menyundul ( heading ), Lemparan Kedalam ( trow – in )dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ). Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai teknik sepak bola yang harus dikuasai oleh setiap pemain sepak bola.

Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah Menendang ( kicking ), Mengontrol atau Menghentikan ( stoping ), Menggiring ( dribbling ), Merampas ( tacling ), Menyundul ( heading ), Lemparan Kedalam ( trow – in )dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ).
Cristiano Ronaldo sedang menendang bola (Kicking)

1. Teknik Menendang Bola (Kicking)
Teknik menendang bola merupakan teknik sepak bola dasar yang wajib dikuasai oleh setiap pemain sepak bola. Teknik yang kerap disebut sebagai kicking ini memiliki tiga varian yang bisa dipelajari secara autodidak. Teknik menendang bola yang pertama adalah teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam. Langkah awal untuk mempraktekkan teknik ini adalah dengan memosisikan tubuh menghadap ke bola dengan lutut yang sedikit menekuk. Gunakan kaki kiri sebagai tumpuan di sisi bola. Posisikan bola di tengah dari bagian dalam bola. Ayunkan kaki kanan ke depan dan bola ditendang ke arah target yang berada di samping. Setelah melakukan tendangan, tumpukan berat padan pada kaki sebelah kanan atau kaki yang digunakan untuk menendang.

Teknik menendang bola yang kedua adalah teknik menendang bola dengan menggunakan punggung kaki. Teknik ini dilakukan untuk melakukan tendangan dalam jarak yang jauh. Langkah awal melakukan teknik dasar sepak bola lengkap yang satu ini adalah memosisikan tubuh di hadapan pola. Sementara, kedua tangan diposisikan relaks untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kemudian, pergelangan kaki ditekuk sampai ke bawah dan posisikan kaki supaya menghadap ke depan lutut. Ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang dengan posisi punggung kaki menghadap ke bagian belakang bola. Setelah melakukan tendangan, gunakan kaki yang digunakan untuk menendang sebagai tumpuan berat badan.

Teknik menendang bola yang ketiga adalah teknik menendang bola dengan kaki bagian luar. Teknik permainan dasar sepak bola ini dilakukan untuk menendang bola dalam jarak yang dekat atau mengoper bola ke rekan sesama tim. Untuk melakukan teknik ini, posisikan tubuh menghadap ke arah bola dengan postur yang sedikit membungkuk ke depan. Kemudian, posisikan kaki kiri berada tepat di samping bola dan gunakan kaki kanan untuk melakukan tendangan. 

2. Teknik Mengumpan Bola (Passing)
Teknik mengumpan bola adalah teknik dasar sepak bola lengkap yang harus dikuasai demi kelancaran permainan sepak bola. Teknik ini biasanya dilakukan oleh rekan satu tim untuk menghindari atau mengecoh pemain tim lawan sehingga bola bisa dibawa sampai ke depan gawang lawan tanpa diambil oleh pemain tim lawan. Teknik ini membutuhkan koordinasi yang baik antara sesama pemain.

Teknik mengumpan bola bisa dilakukan dengan bagian luar kaki. Langkah pertama dari teknik ini adalah dengan berdiri menghadap ke arah bola bergulir. Pastikan tubuh dalam posisi tegak dengan kedua tangan yang berada di sisi tubuh dan posisi tangan sedikit direntangkan. Kemudian, tarik kaki menuju ke arah belakang dan ayunkan ke depan sembari memutar kaki ke arah rekan satu tim yang akan diberi bola. Lakukan tendangan dengan kekuatan yang disesuaikan dengan jarak rekan satu tim.
Teknik ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan punggung kaki. Langkah pertama untuk mengumpan bola dengan punggung kaki adalah dengan memosisikan kaki di sisi bola dan menekuk lutut sedikit. Sementara, kedua tangan berada di sisi tubuh dan direntangkan sedikit. Jika rekan yang akan menerima bola sudah siap, tarik kaki ke arah belakang dan ayunkan ke depan untuk melakukan tendangan. Setelah memberikan bola ke rekan sesama tim, tumpukan berat badan pada kaki yang tadi digunakan untuk menendang.

3. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Teknik menggiring bola atau dribbling adalah teknik dasar sepak bola lengkap yang dilakukan untuk membawa bola ke area tim lawan hingga menjebol pertahanan tim lawan. Teknik dasar sepak bola lengkap yang satu ini bisa dilakukan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. 

Ada dua tipe teknik menggiring bola, yaitu closed driblling dan speed dribbling. Teknik closed dribbling adalah teknik menggiring bola yang dilakukan saat pemain berada di tengah himpitan tim lawan. Teknik ini bertujuan untuk menjaga bola agar tetap berada di bawah kendali kaki dan mempersempit peluang tim lawan untuk merebut bola. Teknik ini dilakukan jika bola berada dalam radius kurang dari satu meter. 

Sedangkan, teknik speed dribbling adalah teknik menggiring bola yang dilakukan dengan menendang bola ke arah depan. Kemudian, pemain yang menendang bola akan berlari mengejar bola tersebut. Teknik speed dribbling harus dilakukan jika pemain sudah bebas dari himpitan dari pemain tim lawan. Dalam melakukan teknik ini, pastikan pemain melakukan tendangan yang kuat serta lari yang cepat supaya bola tidak direbut oleh pemain tim lawan.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top