Manyun Osd

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

1/10/2018

5 Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Terbaru

5 Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Terbaru - Bola voli merupakan permainan yang masuk ke dalam salah satu cabang olahraga. Dari segi bahasa, voli memiliki arti pukulan secara langsung ke udara dan sebelum bola jatuh menyentuh tanah. Bola voli bukanlah permainan yang mudah dilakukan permainan yang satu ini membutuhkan koordinasi anggota gerak yang baik. Setidaknya pemain bola voli harus memiliki kelenturan, kelincahan, kecepatan, kekuatan, dan daya tahan tubuh yang baik. Selain itu, kunci keberhasilan dari permainan ini terletak pada kerja sama antar anggota tim serta kemampuan dari setiap anggota tim dalam menguasai teknik dasar bola voli lengkap. 

5 Teknik Dasar Bola Voli Lengkap Terbaru - Bola voli merupakan permainan yang masuk ke dalam salah satu cabang olahraga. Teknik dasar permainan bola voli bersumber dari penguasaan bola. Kemudian, penguasaan bola tersebut berkembang menjadi lima teknik voli dasar yang akan dipaparkan di bawah ini.   Servis  Servis merupakan teknik dasar bola voli lengkap yang wajib dikuasai oleh seluruh pemain bola voli. Teknik ini merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk memulai permainan bola voli.  Passing Atas  Teknik dasar bola voli lengkap yang harus dikuasai selanjutnya adalah passing bawah. Passing bawah diartikan sebagai teknik mengoper atau menyajikan bola voli menggunakan jari tangan.  Passing Bawah  Passing bawah adalah teknik dasar bola voli lengkap yang dilakukan untuk mengoper bola ke tim lawan atau ke rekan sesama tim.  Blocking  Blocking bisa dikatakan sebagai teknik menghadang bola. Teknik yang satu ini dilakukan untuk menahan serangan dari tim lawan dengan kedua tangan.   Smash  Teknik terakhir yang harus dikuasai oleh pemain bola voli adalah smash. Smash merupakan pukulan yang dilakukan dengan tangan dengan kecepatan yang tinggi.
Pertandingan Bola Voli

Teknik dasar bola voli lengkap didefinisikan sebagai pemahaman yang komprehensif terhadap gerakan-gerakan yang berkaitan dengan bola voli. Tujuan dari adanya teknik dasar voli ini adalah untuk melakukan permainan bola voli yang efektif dan efisien. Pemain bola voli harus menguasai semua teknik permainan supaya tidak terjadi kesalahan teknik yang bisa menyebabkan kerugian atau kekalahan pada tim. Selain itu, tujuan dari penguasaan teknik dasar permainan bola voli adalah untuk meningkatkan kemampuan neuromuskular dan motorik sehingga permainan bola voli bisa membawa dampak positif bagi tubuh. Teknik dasar permainan bola voli bersumber dari penguasaan bola. Kemudian, penguasaan bola tersebut berkembang menjadi lima teknik voli dasar yang akan dipaparkan di bawah ini. 

Servis
Servis merupakan teknik dasar bola voli lengkap yang wajib dikuasai oleh seluruh pemain bola voli. Teknik ini merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk memulai permainan bola voli. Servis yang dilakukan dengan baik bisa menjadi serangan yang cepat dan mematikan untuk lawan di awal permainan bola voli. Sehingga, servis harus dilakukan dengan kuat agar bola sampai ke area tim lawan dengan cepat dan tim lawan tidak bisa membendung bola tersebut. Menurut Muhadi, servis diartikan sebagai pukulan di awal permainan yang harus dilakukan untuk menghidupkan bola di dalam permainan bola voli. Teknik ini harus dilakukan dari garis belakang lapangan dan harus dilakukan dengan kuat supaya bola bisa melewati net dan masuk ke area lawan.

Passing Atas
Teknik dasar bola voli lengkap yang harus dikuasai selanjutnya adalah passing bawah. Passing bawah diartikan sebagai teknik mengoper atau menyajikan bola voli menggunakan jari tangan. Teknik ini dilakukan untuk memberikan bola ke tim lawan dengan melewati bagian atas jaring atau mengoper bola ke rekan satu tim. Teknik ini bisa dilakukan untuk mengambil bola yang sedang berada di atas. Selain itu, teknik ini bisa dijadikan pilihan untuk melakukan penyerangan ke tim lawan. Kunci utama dari teknik passing atas adalah kedua tangan pemain harus menyentuh bola tersebut. Tangan pemain harus membentuk seperti mangkuk dengan seluruh jari yang terbuka lebar. Selain itu, posisi tangan harus sejajar dengan hidung dan lutut harus dilipat sebelum melakukan passing atas.

Passing Bawah
Passing bawah adalah teknik dasar bola voli lengkap yang dilakukan untuk mengoper bola ke tim lawan atau ke rekan sesama tim. Teknik ini dilakukan dengan cara mengambil bola yang posisinya di bawah badan dengan kedua tangan bagian bawah. Teknik passing bawah sering kali dijadikan teknik untuk menahan smash dan pukulan bola yang kuat dari tim lawan. Teknik passing bawah merupakan teknik yang paling efektif untuk menyelamatkan bola dari block atau bola memantul pada net. 

Blocking
Blocking bisa dikatakan sebagai teknik menghadang bola. Teknik yang satu ini dilakukan untuk menahan serangan dari tim lawan dengan kedua tangan. Waktu yang paling tepat untuk melakukan teknik blocking adalah ketika bola nyaris melewati bagian atas jaring. Teknik ini bisa dilakukan seorang diri maupun bersama dengan beberapa pemain. Sehingga, teknik ini memerlukan koordinasi yang baik antar sesama pemain. Menurut USA Volleyball, teknik ini memiliki tujuan untuk membendung pergerakan bola, melatih kemampuan bertahan, serta menghentikan atau melambatkan serangan dari tim lawan yang posisinya berada di sekitar net. Kunci utama dari keberhasilan teknik yang satu ini adalah tingginya jangkauan tangan serta lompatan pemain terhadap bola yang berada di atas net.

Smash
Teknik terakhir yang harus dikuasai oleh pemain bola voli adalah smash. Smash merupakan pukulan yang dilakukan dengan tangan dengan kecepatan yang tinggi. Pemain bola voli sering melakukan smash untuk menyerang tim lawan dan menghasilkan poin. Teknik ini terdiri dari empat variasi, yaitu dump smash (smash tipuan), front smash (smash depan), wrist smash (smash yang berasal dari pergelangan tangan, dan front smash twist (smash depan yang memutar. Kunci utama dalam melakukan teknik adalah pukulan yang kencang, cepat, serta tepat sehingga bola yang bergulir ke area tim lawan tidak bisa dibendung Pemain yang ingin melakukan smash harus memiliki kekuatan dan kelenturan tangan yang baik.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top