Manyun Osd

Berbagi Artikel Materi Pelajaran (SD, SMP, SMK), Pramuka dan Artikel Menarik Lainnya

10/23/2017

Pengertian Tali-Temali dan Macam-Macam Simpul dan Ikatan

Pengertian Tali-Temali dan Macam-Macam Simpul - Dalam Pramuka tentu saja kita akan mengenal yang namanya sandi-sandi, tali-temali, ikatan, simpul dan masih banyak lagi. Tali-temali ini biasanya sering dikaitkan dengan simpul dan ikatan. Tali-temali ini bisa sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari oleh karena itu tidak ada ruginya jika kita mempelajari tali-temali di Pramuka. Tali-temali, simpul, dan ikatan ini sangat berbeda. Dimana pengertian tali-temali sendiri adalah sebuah bentuk dari tali yang dapat dijadikan suatu simpul maupun ikatan. Sedangkan simpul merupakan suatu tali yang dikaitkan dengan tali lagi yang membentuk sebuah tali yang kuat yang tidak mudah lepas namun cukup mudah jika dilepaskan kembali, untuk ikatan sendiri merupakan tali dengan suatu benda apapun yang diikat. 

Simpul dan Ikatan
Simpul dan ikatan ini memang termasuk kedalam tali-temali dalam pramuka namun dalam konteks yang cukup berbeda. Misalnya simpul, simpul ini mempunyai banyak sekali macamnya oleh sebab itu mari kita bahas satu persatu macam simpul.

1. Simpul Hidup
Simpul hidup ini merupakan sebuah simpul yang menggunakan tali yang diikatkan pada benda. Simpul ini cukup mudah untuk dilepaskan kembali. Biasanya dalam pramuka simpul ini digunakan untuk mengikat tiang. Sedangkan untuk kehidupan sehari-hari dapat digunakan untuk mengikat hewan.

Contoh Simpul Hidup
Contoh Simpul Hidup

2. Simpul Mati 
Simpul ini biasanya akan sulit untuk dilepaskan kembali. Biasanya digunakan untuk mengakhiri simpul tali. Simpul ini cukup sulit untuk dibuat. Untuk cara menbuat simpul mati bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Simpul Mati
Contoh Simpul Mati

3. Simpul Pangkal
Simpul ini biasanya sering digunakan untuk mengawali atau mengakhiri simpul. Pada kehidupan sehari-hari simpul ini dapat digunakan untuk mengikat tali pada kayu ataupun tongkat.

Contoh Simpul Pangkal
Contoh Simpul Pangkal

4. Simpul Jangkar (Cow Hitch)
Simpul ini cukup mudah untuk dibuat, biasanya digunakan untuk mengikat jangkar darurat atau untuk mengikat tali ember. Untuk cara menbuat simpul jangkar bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Simpul Jangkar
Contoh Simpul Jangkar

5. Simpul Tarik
Simpul ini biasanya dapat digunakan untuk mengikat leher binatang tetapi tidak tercekik karena simpul tarik ini akan menghasilkan loop tali yang dapat diperbesar atau dikecilkan lagi. selain untuk hewan, simpul ini juga bisa digunakan untuk menambatkan tali kepada suatu benda misalnya saja tiang. Dalam kehidupan sehari-hari biasanya simpul ini digunakan untuk turun ke jurang, atau turun dari atas pohon. Untuk cara menbuat simpul tarik bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Membuat Simpul Tarik
Contoh Membuat Simpul Tarik

Baca Selengkpanya :

Itulah sebagian dari beberapa simpul yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya masih banyak lagi simpul yang cukup sulit dibuat namun kegunaannya sangat bermanfaat. Selain simpul, ikatan juga mempunyai banyak macamnya. Berikut ini merupakan macam ikatan dan kegunaannya, baik itu dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam lingkungan pramuka.

1. Ikatan kaki tiga
Ikatan ini biasanya digunakan untuk mengikat tiga tiang sekaligus dengan menggunakan satu ikatan. Biasanya ikatan ini digunakan untuk membuat kaki tiga atau untuk membuat jemuran. Untuk cara menbuat ikatan kaki tiga bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Ikatan Kaki Tiga
Contoh Ikatan Kaki Tiga

2. Ikatan palang
Ikatan palang ini biasanya digunakan untuk mengencangkan tongkat baik itu secara vertikal maupun secara horizontal. Dengan begitu kedua tongkat yang akan dikencangkan tersebut dapat menjadi satu sehingga cukup sulit untuk dilepaskan. Biasanya ikatan seperti ini digunakan untuk mengikat dua tiang dengan sudut siku-siku. Untuk cara menbuat ikatan Palang bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara membuat Ikatan palang
Cara membuat Ikatan palang

3. Ikatan silang
Ikatan silang ini biasanya digunakan untuk mengikat dua tongkat secara bersilangan yang kemudian nantinya tidak akan membentuk sebuah siku. Untuk cara menbuat ikatan silang bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Contoh Ikatan Silang
Contoh Ikatan Silang

4. Ikatan canggah
Ikatan ini biasanya digunakan untuk menyambungkan tongkat secara secjajar dengan menggunakan tali. Terkadang ikatan ini juga disebut dengan ikatan sambung tongkat. Untuk cara menbuat ikatan canggah bisa lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

Cara Membuat Ikatan Canggah
Cara Membuat Ikatan Canggah

Nah, itulah beberapa macam ikatan yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. pramuka merupakan kegiatan yang cukup dekat dengan alam dan manusia sehingga pelatihan-pelatihan yang dilakukan ketika pramuka merupakan suatu latihan yang lebih baik diingat dan dipelajari sebab akan berguna suatu saat dalam kehidupan.

Bagi pembaca website ini, setelah membaca artikel, silahkan berikan saran dalam bentuk COMENT sesuai isi artikel diatas

 
Back To Top